Info Intern



Main Menu



Links Layanan





Sosialisasi Program PAMSIMAS II Tingkat Desa

13 Agustus 2013 | 14:07:14

Menindaklanjuti Sosialisasi Program PAMSIMAS II tingkat kabupaten pada tanggal 20 Juni 2013, pada tanggal 16 Juli 2013 kemarin telah dilaksanakan Sosialisasi tingkat desa sekaligus penyerahan surat daftar pendek desa sasaran PAMSIMAS II tahun 2013 kepada para kepala desa di aula Bappeda Kabupaten Kuningan.

Kegiatan sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kuningan selaku Ketua Pokja AMPL Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Dalam sambutannya, Kepala Bappeda menyampaikan bahwa penentuan lokasi sasaran program Pamsimas 2 berdasarkan seleksi usulan/proposal desa, dimana seleksi dilakukan untuk menyusun daftar prioritas desa yang layak memperoleh bantuan Program Pamsimas dan memiliki komitmen untuk memelihara dan mengelola SPAM terbangun melalui swadaya masyarakat secara berkelanjutan. Pada tahun 2013 ini Pemerintah Kabupaten Kuningan telah mengusulkan bantuan alokasi Program PAMSIMAS untuk 8 desa. Dari 14 proposal desa yang masuk ke Pokja Air Minum Dan Penyehatan Lingkungan (Ampl) di Bappeda dan setelah diverifikasi oleh Tim Panitia Kemitraan yang terdiri dari unsur Bappeda, BPMD, Dinas Kesehatan, Dinas Tata Ruang Cipta Karya, dan perwakilan masyarakat dari BP SPAM dan pakar perguruan tinggi, maka yang terpilih hanya 8 (delapan) desa untuk tahun ini.

Lebih lanjut Kepala Bappeda menambahkan Program PAMSIMAS II berbeda dengan program PAMSIMAS I sebelumnya. Pada Program PAMSIMAS II ini, Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) terdiri dari dua sumber anggaran, yaitu BLM APBN dan BLM APBD. Khusus untuk tahun 2013 ini, BLM desa seluruhnya bersumber dari APBN, dikarenakan pengalokasian APBD sudah terlambat, mudah-mudahan BLM Desa dari APBD bisa dialokasikan pada tahun mendatang. Disamping itu, bahwa usulan anggaran setiap desa nilainya berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhan nyata di lapangan.

Hasil verifikasi akhir tim panitia kemitraan tentang desa sasaran PAMSIMAS II tahun 2013, yaitu :

  • Perluasan (pembangunan baru) : Desa Cihanjaro, Longkewang dan Cimulya;
  • Pengembangan (penambahan jumlah layanan) : Desa Bunigeulis, Citapen, Sumurwiru dan Bantarpanjang; dan
  • Optimalisasi (perbaikan sarana yang tidak berfungsi) : Desa Cipedes.   

Pada kesempatan lain, Kabid Fisik dan Lingkungan Hidup Ir. H. Taufik didampingi Wawan Setiawan, MT menyampaikan bahwa pemerintah desa dan masyarakat sebagai pelaku utama dan penanggung jawab pelaksanaan kegiatan diminta untuk serius dan sungguh-sungguh di dalam melaksanakan pembangunan sarana air minum ini. “Para kepala desa dan seluruh fasilitator harus senantiasa bekerja sesuai petunjuk teknis yang telah ditetapkan dan amanah. Dari anggaran yang sudah diusulkan Bapak Bupati kepada Kementerian PU, akan dicairkan dalam bentuk Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) melalui transfer ke rekening kelompok keswadayaan masyarakat (KKM) di setiap desa” ujarnya.

Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dan diikuti secara antusias oleh peserta. Adanya semangat dan disertai kesiapan teknis menjadi kunci susesnya pelaksanaan PAMSIMAS II. Para fasilitator dan konsultan PAMSIMAS juga hadir serta membantu memberikan arahan pelaksanaan PAMSIMAS (iwan).


Ditulis Oleh : admin | Telah Dilihat Sebanyak 5444


Arsip Berita



Kalender



Statistik User

Pengunjung hari ini : 63
Total pengunjung : 39692

Hits hari ini : 520
Total Hits : 533609

Pengunjung Online: 3


Polling

Bagaimana pendapat anda tentang kinerja kami ???

  • Sangat Baik
  • Baik
  • Kurang
  • Sangat Kurang


  • Lihat Hasil Polling

    5 TOP DOWNLOAD

    BERITA PALING POPULER

    ABOUT

    54258-rkpd-2014.pdf
    508712-suseda_3208-2012.pdf
    421234-peta-aksesibilitas-lokasi-kabupaten-kuningan.pdf
    441916-peta-administrasi-kabupaten-kuningan.pdf
    333461-peta-ancaman-bencana-gunungapi-kabupaten-kuningan.pdf
    BAPPEDA KUNINGAN
    Jl. R.E Martadinata NO:92
    Kuningan - Jawa Barat

    (0232) 871-788


    Legal © Copyright 2011 - 2014 By BAPPEDA KUNINGAN