Survey Kepuasan Masyarakat (Customer Satisfaction Survey) Tahun 2019

Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, ruang lingkup pelayanan publik meliputi pelayanan barang publik dan jasa publik serta pelayanan administratif yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Ruang lingkup tersebut meliputi pendidikan, pengajaran, pekerjaan dan usaha, tempat tinggal, komunikasi dan informasi, lingkungan hidup, kesehatan, jaminan sosial, energi, perbankan, perhubungan, sumber daya alam, pariwisata, dan sektor strategis lainnya.

Kabupaten Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang dari tahun ke tahun selalu berusaha meningkatkan pelayanan publik di segala bidang. Sejalan dengan makin kompleksnya kebutuhan masyarakat, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dituntut untuk meningkatkan pelayanan publik untuk memenuhi hak dan kebutuhan masyarakat di segala bidang. Tuntutan masyarakat ini tidak bisa dihindari dan harus direspons dengan baik oleh pemerintah daerah dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya atau pelayanan prima dalam rangka mewujudkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat yang dilayani.

Pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan perlu dievaluasi secara periodik untuk menilai sampai sejauh mana kualitas pelayanan pemerintah daerah dan kepuasan masyarakat yang dilayani. Salah satu cara untuk mengetahui hal itu adalah dengan melakukan Survey Kepuasan Masyarakat (Customer Satisfaction Survey). Masyarakat merupakan salah satu sumber informasi yang sangat penting untuk mengetahui kinerja aparat Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam memberikan pelayanan publik berupa penyediaan jasa, fasilitas, serta sarana dan prasarana publik.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Pemerintah Kabupaten Kuningan, perlu dilakukan survei kepuasan pelanggan sebagai indikator penilaian kualitas pelayanan dan menjadi motivator bagi Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan yang dapat mempengaruhi kepuasannya. Pelanggan yang puas merupakan aset yang sangat berharga, akan tetapi jika pelanggan merasa tidak puas mereka akan memberitahukan dua kali lebih hebat kepada orang lain tentang pengalaman buruknya.

Menciptakan kepuasan pelanggan merupakan tantangan bagi pemerintah daerah untuk mengelola manajemen demi memperoleh pelanggan yang lebih banyak dan kemampuan untuk mempertahankannya. Pelanggan yang puas akan setia lebih lama, kurang sensitif terhadap harga dan akan memberi komentar yang baik tentang pelayanan rumah sakit.

Kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan instrumen dan indikator yang telah ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Survey ini sangat penting untuk memperoleh informasi dan masukan dari masyarakat tentang kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dalam memberikan pelayanan publik. Hasil survey dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan agar kinerja aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dalam memberikan pelayanan publik dapat terus meningkat.

Survey Kepuasan Masyarakat ini dilakukan dilakukan terhadap beberapa pelayanan dasar seperti pelayanan dokumen kependudukan (KTP, Akta Kelahiran dan lain-lain), pelayanan perizinan (IMB dan Izin Usaha), infrastruktur (kualitas jalan, trotoar, drainase, penerangan jalan, dan lain-lain), serta berbagai pelayanan publik lainnya seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.